Rabu, 25 November 2015 - 08:03:54 WIB

Mengatasi mobil tua mogok

Diposting oleh : Goenpitu
Kategori: Sekolah - Dibaca: 2649 kali

Mobil tua dan nyentrik kadangkala membuat pemiliknya merasa bangga, bagaimana tidak mobil yang seharusnya sudah dilebur menjadi bubur besi tapi masih bisa jalan apalagi dengan kondisi yang masih standar dan orisinil. Namun terkadang kita jumpai beberapa permasalahan yang ujung-ujungnya mobil mogok alias nggak mau jalan, misalnya ketika melewati genangan air saat hujan tiba-tiba mesin mbrebet dan mati.

Perlu diketahui bahwa syarat mesin bensin dapat hidup diantaranya ada tiga syarat yaitu :

1. Adanya bahan bakar (bensin)

2. Adanya tekanan kompresi

3. Adanya percikan api pada busi

Sehingga ketika kita dihadapkan pada permasalahan mesin mati, maka perlu kiranya diperiksa ke tiga hal tersebut. Untuk syarat yang pertama, kita bisa memeriksa dari indikator bahan bakar di dashboard dan pastikan bahan bakar tersebut mengalir sampai karburator dan ruang bakar. Syarat yang kedua adalah adanya tekanan kompresi yang sesuai standar untuk toyota kijang seri K sekitar 9 s/d 12 Kg/cm2, dan untuk memeriksanya menggunakan alat Compression tester. Namun dapat pula dianalisa dari kondisi saluran buang, apabila keluar asap dan minyak pelumas selalu berkurang maka dapat dipastikan terjadi kebocoran baik dari ring piston, piston ataupun perpak serta seal klep. Syarat yang ketiga adanya sumber api yang dalam hal ini dilakukan oleh busi. Meskipun sebuah mesin ada bahan bakarnya dan tekanan kompresinya tinggi, namun bila tidak ada percikan api maka mesin tidak akan hidup kecuali mesin diesel

Pada kasus mesin mati saat melewati genangan air banyak disebabkan karena terjadi short atau hubungan singkat  arus yang mengalir ke busi, istilah bengkelnya ngeground. Hal ini bisa diperiksa dengan jelas saat malam hari mesin dihidupkan, maka akan kelihatan percikan api disekeliling kabel busi ataupun kabel tegangan tinggi koil. Dan untuk mengatasinya cukup ganti kabel tegangan tinggi dengan yang baru dan pastikan tidak ada kabel yang terbuka sehingga mudah terkena air. Demikian artikel sederhana ini semoga bermanfaat.