Senin, 24 Juni 2019 - 14:48:39 WIB

JUARAI AHMBS TINGKAT REGIONAL, SISWA TBSM SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN MAJU KE TINGKAT NASIONAL

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sekolah - Dibaca: 112 kali

Kebumen - Dalam rangka memberikan apresiasi kepada pelajar berprestasi yang memiliki bakat wirausaha dan kemampuan dalam bidang menulis PT. Astra Honda Motor mengadakan ajang bergengsi berupa lomba karya tulis Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) yang diselenggarakan tiap tahunnya, yangmana pada tahun ini mengambil tema Creativepreneur Gen Milenial.

Gilang Wibisono, siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun program keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) berhasil meraih juara 1 dalam lomba karya tulis Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2019 pada tingkat Regional (DIY, KEDU, BANYUMAS) yang diselenggarakan di PT. Astra Internasional Tbk-Honda Yogyakarta pada Kamis, (20/06). Selanjutnya kepadanya diberikan kesempatan untuk maju ke tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 23-26 Juli 2019 mendatang.

Dra. Retno Dewanti, selaku guru pembimbing karyatulis menuturkan rangkaian kompetisi AHMBS 2019 diawali dengan berbagai tahapan meliputi pengumpulan makalah dan seleksi awal berupa seleksi administratif.  “Dari seratus undangan yang diberikan ke SMA/SMK se- Regional diambil sepuluh terbaik yang kemudian diseleksi secara internal, untuk selanjutnya diambil empat terbaik untuk melakukan presentasi. Tentunya kami sangat bersyukur sekali, Alhamdulillah tahun ini kami bisa berkesempatan masuk ke tingkat Nasional”, ujarnya.

Lebih lanjut beliau menceritakan, AHMBS merupakan salah satu ajang bagi pelajar untuk membuktikan bagaimana mereka membangun kreativitas, minat dan bakat yang mampu memberikan isnpirasi untuk para pelaku bisnis usaha saat ini.

“Pelajar yang mengikuti kompetensi ini diuji untuk memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha. Sedang kriteria yang dijadikan tolak ukur penilaian meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan”, lanjutnya.

Kepala SMK Muhammadiyah Kutowinangun, Rochmat Aris Susyanto sangat mengapresiasi dan mengaku sangat senang dengan hasil capaian prestasi siswanya tersebut. “Alhamdulillah, saya sangat senang dan bangga tentunya pada tahun ini siswa kami berhasil lolos pada tingkat Regional. Saya berharap kesempatan ini mampu menjadi penyemangat untuk meraih hasil terbaik pada tingkat Nasional nanti”, ujarnya. (Yis)