Pembekalan dan Pelepasan siswa Prakerin Kelas XI SMK Muhiku

Pembekalan dan Pelepasan siswa Prakerin Kelas XI SMK Muhiku

KEBUMEN - Kompetensi sesuai bidang keahlian yang dimiliki siswa Sekolah Menengah Kejuruan merupakan modal utama sebagai bekal menuju dunia kerja. Sesuai dengan kurikulum SMK Pusat Kegunggulan, pada tahun ini Praktik Kerja Industri atau Prakerin di SMK Muhammadiyah Kutowinangun diselenggarakan selama 6 bulan yang dibagi atas 2 shift atau /3 bulan. Mengingat jumlah rombel dalam 1 angkatan sebanyak 13 rombel, sehingga untuk pelepasan siswa prakerin dibagi menjadi 3 kloter. Kloter pertama shift pertama terdiri dari siswa jurusan Akuntansi, dan sebagian TKRO, kloter kedua terdiri dari siswa jurusan TAV dan sebagian TKRO, sedangkan untuk kloter ketiga siswa jurusan TBSM, HI-Tech, dan sebagian TKRO lainnya. 
Sebelum praktik langsung di industri, siswa terlebih dahulu mengukuti pembekalan prakerin. Pembekalan prakerin terdiri dari 2 sesi, sesi pertama yaitu pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, dan Ketua Jurusan. Sesi kedua siswa diberikan pembekalan sesuai dengan jurusan masing-masing bersama dengan pihak industri yang diundang sebagai narasumber. 


Dalam pembekalan prakerin, Rochmat Aris Susyanto, M.Pd sebagai Kepala Sekolah dan Eko Pawitno, S.Pd selaku Waka kesiswaan menekankan perlunya siswa untuk menerapkan budaya industri secara disiplin. Dengan mematuhi segala peraturan industri, siswa diharapkan dapat melaksanakan prakerin secara maksimal. Meski demikian, siswa yang sedang melaksanakan prakerin juga harus tetap mematuhi peraturan di sekolah. 
Harapannya, dengan siswa banyak belajar secara langsung di industri, kompetensi dan skill nya semakin terasah. Selain itu, prakerin juga bertujuan agar siswa terbiasa dengan budaya dan suasana di industri.
Salam SMK Bisa! Salam SMK Hebat! Salam SMK Bisa Hebat!(*)

  • Bagikan:

Galeri dan Dokumentasi