Penerimaan Siswa Baru Telah Dibuka !!!

SMK Muhammadiyah Kutowinangun telah membuka penerimaan siswa baru untuk angkatan Tahun Pelajaran 2024/2025. Segera pilih jurusan yang sesuai dengan keinginanmu sebelum kuota terpenuhi sekarang juga.

Berikut ini adalah profil jurusan yang ada di SMK Muhammadiyah Kutowinangun, sesuaikan dengan minat kalian!!

PROFIL JURUSAN

1. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

Tbsm adalah program keahlian yang mempelajari tentang seluk beluk sepeda motor.. dan tbsm Muhiku sudah bekerjasama dengan Astra Honda Motor.. semua fasilitas dan materi pembelajaran sudah mengacu pada materi yang ada pada perusahaan Astra Honda Motor.. salah satu materi yang diberikan di program keahlian tbsm adalah perawatan tentang V-Matic.. yang mana motor matic di Indonesia sedang menjadi trend pasar di masyarakat Indonesia khususnya di Kutowinangun..rata rata siswa tbsm sudah melaksanakan prakerind di bengkel resmi Honda Ahass.. setiap tahun terdapat lowongan mekanik yang dibutuhkan oleh Ahass dan alhamdulillah tbsm Muhiku menjadi terdepan dalam pencarian tenaga kerja sebagai mekanik..

2. Akuntansi dan Keuangan Kelembagaan

Akuntansi adalah program keahlian yang mempelajari tentang keuangan. Program keahlian akuntansi sudah bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia yang merupakan salah satu bank terbesar secara nasional. Pembelajaran akuntansi terdiri dari pembelajaran manual dan akutansi computer (MYOB), dengan mempelajari pelajaran akuntansi siswa dapat mengembangkan pengetahuan dalam dunia akuntasi dan membuat pembukuan keuangan baik untuk perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Selain itu siswa akuntansi juga mempelajari materi tentang perbankan, akuntansi keuangan daerah, perpajakan dan digital marketing. Lulusan akuntansi lebih fleksibel ketika terjun dalam dunia kerja, karena siswa-siswi akuntansi kita bekali dengan berbagai macam keahlian sehingga dapat memiliki daya saing dan lebih terampil.

3. Ototronik

Teknik Ototronik adalah suatu kompetensi keahlian yang Bekerja sama dengan Nasmoco Toyota Magelang dan Kami memberikan fasilitas pendidikan kepada peserta didik yang, memuat materi terkait dengan pemeliharaan dasar sistem engine, perkembangan teknologi Engine Management System, memahami karakteristik sensor dan aktuator pada mesin bensin, serta pada materi Chasis ada elektrik kontrol transmisi, elektrik power steering, anti lock brake sistem, pada tingkatan terakhir ada materi tentang comfort safety dan IT yang meliputi central lock, power window, alarm mobil, car audio entertainment dan di sistem kontrol kendaraan nya peserta didik di berikan materi pemrograman microcontroller, scanner Ecu, diagnostik pada engine, untuk Praktik Kerja Industri kami memberikan kesempatan untuk Prakerind di Bengkel resmi

4. Teknik Audio Video (TAV)

Visi :

“Mewujudkan tamatan yang kompeten dan inovatif dibidang Elektronika dan berakhlakul karimah agar dapat bekerja mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di dunia usaha/industri “

Misi :

  1. Unggul dan Mandiri bekerja dalam bidang keahlian Teknik Elektronika, baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan di dunia usaha /industri sebagai tenaga kerja.
  2. Mampu berkompetisi di dunia usaha / industri Teknik Elektronika sebagai tenaga ahli / profesi.
  3. Unggul dan Mandiri dalam Mengembangkan sikap profesional dalam keahlian Teknik Elektronika.

Kegiatan Belajar Mengajar Meliputi:

  1. Dasar-dasar elektronika
  2. Instalasi system audio video
  3. Perawatan dan perbaikan peralatan audio video
  4. Pembuatan dan editing gambar dan video, desain grafis
  5. Penerapan sensor berstandar industry
  6. Teknologi tepat guna Masyarakat (panel surya, Running teks, jadwal sholat digital, dll)
  7. Perawatan dan perbaikan Smartphone (SAMSUNG)
  8. Pemrograman Mikrokontrol dan Robotik

5. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Teknik Kendaraan Ringan merupakan konsentrasi jurusan dari Teknik Otomotif. Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Kutowinangun sudah bekerjasama dengan Pintar Bersama Daihatsu sejak tahun 2010 dan terakreditasi A pada tahun 2019.Pada tahun 2021 Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Kutowinangun diamanahi sebagai Daihatsu School Skill Center (DSSC) diarea kedu. Dengan diamanahi Daihatsu School Skill Center, Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Kutowinangun berperan sebagai pusat belajar bagi siswa Teknik Kendaraan Ringan dan Guru SMK Pintar Bersama Daihatsu. Dan pada tahun 2022 sudah diakui langsung oleh ASTRA INTERNATIONAL sebagai Sekolah Bintang 5 ASTRA.
Konsentrasi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan berpusat pada ilmu kendaraan ringan mobil yang akan mempelajari bagian-bagian mobil yang meliputi: mesin, kelistrikan, dan chasis mobil.
Disamping pengetahuan tentang teknik kendaraan ringan atau mobil, juga mempelajari pengoperasian kendaraan ringan, pengecekan kerusakan kendaraan ringan, perbaikan kerusakan kendaraan ringan. Praktek yang dilaksanakan di teknik kendaraan ringan meliputi Overhoul Engine, Overhoul Transmisi, Overhoul gardan, Periodic Maintenance kendaraan, Sistem Starter, Sistem Pengisian, Spooring Balancing Roda dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan mobil atau kendaraan ringan. Siswa Teknik Kendaraan Ringan dibekali juga dengan keterampilan terkait mekanik kendaraan ringan yang berstandar industri, yang mana telah berjalan di bengkel Teknik Kendaraan Ringan yang sudah berstandar Industri.

 

TUNGGU APA LAGi, YUK DAFTAR SEKARANG !!!

  • Bagikan:

Galeri dan Dokumentasi